Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah Dan Kandungan Manfaat Didalamnya

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah – Didalam agama islam banyak sekali kata-kata yang indah dan dibuat sebagai syair, dengan tujuan untuk menyanjung atau bahakan memuji keesaan Allah SWT.

Salah satunya adalah kalimat yang sangat populer sekali terdengar oleh telinga saat ini adalah “Ma Fi Qalbi Ghairullah”.

Benarkah kalimat tersebut merupakan pujian, lantas bagaimana artinya dan kapan waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat tersebut.

Ikuti terus artikel yang ditulis dalam web P-media sampai selesai, karena didalam artikel ini akan dijelaskan secara mendetail terkait kalimat “Ma Fi Qalbi Ghairullah”.

Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah

Sebelum membahas Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah maka sebenarnya manusia atau seorang hamba dalam melaksanakan kegiatan didunia ini tentunya tidak lain hanya peran dari Allah SWT.

Maka dari itu tidak akan bisa lari dan menghindar atas peran tersebut, ibarat seorang dalang jika dia menggerakkan wayang maka wayang tersebu terlihat bergerak dan beraktifitas.

Namun sebaliknya jika wayang tersebut tidak digerakkan oleh seorang dalang maka akan diam dan tidak berdaya.

Karena semua aktifitas wayang tersebut sidalanglah yang memainkannya, bahkan yang berbicarapun seorang dalang wayang hanya mengangguk-angguk saja.

Sengaja dibahas terkait hal yang diatas agar nantinya bisa lebih cepat memahami apa sebenarnya Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah.

Baiklah ssaat ini akn dikupas satu persatu arti dari kalimat Ma Fi Qalbi Ghairullah karena ini dari bahasa arab maka perkalimat akan diberikan arti.

Arab Latin Arti
مَا Maa (Nafi) Tidak Ada
فِي Fii Didalam
قَلْبِي Qolbii Hatiku
غَيْرُ Ghoiru Selain
الله Allah Allah SWT

Dari penjelasan diatas terkait arti perkata bahasa arab maka dapat disimpulkan bahwa arti dari kalimat مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله adalah “Tidak Ada Didalam Hatiku Selain Allah SWT”

Dari keterangan tersebut maka disambungkan dengan penjelasan kehidupan manusia hanyalah peran dari sekenario Allah SWT.

Maka sangat tepat sekali jika seorang hamba yang taat akan mengatakan مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله atau tidak ada sesuatu apapun didalam hatiku kecuali hanya Allah SWT.

Makna Yang Terkandung Dari Kalimat Ma Fi Qalbi Ghairullah

Makna-Yang-Terkandung-Dari-Kalimat-Ma-Fi-Qalbi-GhairullahMakna-Yang-Terkandung-Dari-Kalimat-Ma-Fi-Qalbi-Ghairullah

Setelah mengetahui arti dari kalimat مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله maka secara tidak langsung akan tersirat isi kandungan yang ada didalam kalimat tersebut.

Sebagaimanna artinya “Tidak Ada Didalam Hatiku Selain Allah SWT” akan tetapi sebagai gambaran akan dijelaskan makna terkadung dalam kalimat tersebut dengan singkat.

Jika ditela’ah makna dari kalimat “Tidak Ada Didalam Hatiku Selain Allah SWT” berarti tidak ada sesuatu apapun yang ada didalam hati seseorang selain Allah SWT.

Lalu bagaimana jika didalam hati seseorang tersebut masih ada tertulis beberapa keinginan atau keakuan seperti harta kekayaan, tahata dan wanita serta yang lainnya.

Maka hal ini akan batal maksudnya rasa yang ada didalm hati tersebut batal tidak sah. Mengapa demikian karena Allah SWT tidak bisa diduakan oleh siapa dan apapun.

Akan tetapi ada caranya agar tidak demikian meskipun didalam hati ada banyak nama lain selain Allah SWT. Maka saat mengingat nama yang lain tautkanlah Allah didalamnya.

Dengan demikian meskipun seorang hamba tersebut memiliki harta yang melimpah ruah namun dia tidak akan merasa memiliki harta tersebut karena semua ini hanya titipan Allah SWT.

Sehingga nantinya akan menimbulkan ketawaduan seorang hamba, dia tidak sombong, angkuh dan juga dijauhkan dari sifat-sifat tidak baik.

Masih banyak contoh-contoh lainnya yang dapat dijadikan sebagai pedoman agar didalam hati tetap yang ada hanyalah nama Allah SWT.

Pengaruh Atau Manfaat Ucapkan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Pengaruh-Atau-Manfaat-Ucapkan-Ma Fi-QalbiGhairullahPengaruh-Atau-Manfaat-Ucapkan-Ma Fi-QalbiGhairullah

Secara tidak langsung seseorang yang telah mengucapkan kalimat “Ma Fi Qalbi Ghairullah” dan tentunya sudah mengetahui makna yang sebenarnya.

Maka seseorang tersebut akan merasakan keyakinan sangat kuat bahwa sebenarnya dirinya sebagai berikut :

  • Sadar hanya hamba yang lemah tidak ada daya dan upaya sehingga tidak pantas bila merasa memiliki kemampuan
  • Senantiasa diberikan Allah keteguhan yang kuat dalam kehidupan
  • Keyakinannya akan semakin kuat bahwa Allah sangpemilik hati
  • Senantiasa dibimbing Allah SWT untuk mengingat Nya.
  • Tidak terjerumus dengan gelapnya kehidupan yang rusak
  • Dijaga oleh Allah SWT dalam lindungan untuk tidak bermaksiat
  • Dijaga Allah sehingga tidak berbuat curang
  • Allah selalu menjadi pelindung dalam hidupnya
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya…

Dengan beberapa manfaat yang didapat oleh seseorang yang kerap kali membaca kalimat dan Arti Ma Fi Qalbi Ghairullah.

Maka dikemudian hari jika ada seseorang yang mengajak kelambah maksiat Allah SWT akan mengarahkan hamba tersebut kejalan yang lurus dalam artian maksiat tersebut akan ditolak.

Maksiat disini bukan hanya melakukan perbuatan zina atau yang sejenisnya. Akan tetapi maksud dari maksiat disini sangat luas.

Seperti mencuri, korupsi, mencela orang lain, menggibah, menyakiti hati orang lain, membunuh, minum arak atau yang memabukkan semuanya ini termasuk golongan maksiat.

Sedangkan seorang hamba yang rutin membaca arti Ma Fi Qalbi Ghairullah dan memahami makna didalamnya. Maka Allah akan jaga seseorang tersebut agar tidak melakukan berbagai maksiat.

Demikianlah artikel yang ditulis dalam web P-media semoga bermanfaat untuk semua yang membaca terimakasih.

Baca Juga :

Originally posted 2022-12-23 16:58:13.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *